ITTelkom Surabaya digandeng oleh ITS selenggarakan workshop digital untuk difabel

Beberapa waktu yang lalu ITTelkom Surabaya berkesempatan untuk berkolaborasi dengan salah satu perguruan tinggi ternama yaitu ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) untuk bersama-sama memberikan pelatihan teknologi digital kepada para siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan yang bertajuk “Workshop on Using Braille Embosser and Text Editor Software for the Blind and Visual Impairment Students” merupakan salah satu hibah sosial yang diterima oleh ITS dari Motorola Solutions Foundation.

Kegiatan pelatihan NVDA (Non Visual Desktop Access) tersebut diselenggarakan di SLB Aisyiah Ponorogo selama empat hari pada 23-26 Januari 2020. Melalui kegiatan ini, para siswa berkebutuhan khusus dilatih untuk bisa mengoperasikan perangkat digital seperti laptop maupun komputer dengan bantuan suara. Sehingga mereka juga bisa mengetik, mendengarkan apa yang mereka tulis, melakukan jelajah internet, dsb. Bahkan hasil yang mereka tulis melalui komputer bisa juga dicetak menjadi tulisan timbul dengan printer braille.

Siswa membaca hasil cetak mesin braille

Pada kesempatan tersebut, ITTelkom Surabaya mengirimkan 8 mahasiswa sebagai volunteer dan didampingi oleh 2 orang dosen untuk berpartisipasi melatih kurang lebih 18 orang peserta. Anak-anak penyandang tuna netra ini langsung diperkenalkan secara satu persatu bagaimana menggunakan tombol aplikasi sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan.

Wakil Rektor 1 ITTelkom Surabaya Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T sekaligus sebagai Project Leader menuturkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bukti bahwa ITTelkom Surabaya sangat ramah terhadap para difabel.

Pada hari terakhir, para siswa menjalani pegujian satu persatu tanpa didampingi para volunter. “Hal ini diharapkan memastikan apa yang sudah kita ajarkan bahwa sudah 100% diterima dan berhasil dilakukan oleh para siswa.” tegas Tri Arief.

Tentu ini menjadi pengalaman pertama dan berharga bagi ITTelkom Surabaya, khususnya bagi para dosen dan mahasiswa yang terlibat langsung kegiatan tersebut. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi sivitas akademika ITTelkom Surabaya untuk menghasilkan ide kreatif dan inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat. Selain itu, kegiatan sejenis dapat memupuk rasa empati kita agar selalu bersyukur dan memberikan nilai manfaat lebih bagi sesama.

Diliput juga oleh:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *