Competitive Vision of Innovation – 2020

ITTelkom Surabaya
26th August 2020
"Extended until 26 August 2020"
cp: Alda (+62 852-3241-9829)
previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Win cash prizes for all 3 places winners

Only for passionate and confident students of Institut Teknologi Telkom Surabaya with diverse way of thoughts. Submit your team now

Choose the appealing topic

Pandemi Virus Corona (COVID-19) telah menyebabkan banyak pertemuanpertemuan profesional ditunda dan bahkan dibatalkan. Untuk menghadapi kendala ini, perlu mengadakan diskusi secara virtual menggunakan teknologi online terkesan menarik dan aman. Platform yang ada memberikan fitur integrasi secara virtual antar pengguna, sehingga memberikan kesempatan-kesempatan untuk bertukar informasi. Walaupun solusi teknis seperti ini sangat menarik, terdapat beberapa batasan yang perlu diperhatikan karena manusia mempunyai sisi unik yang tidak mungkin ditiru oleh platform online. Apakah peradaban manusia dan teknologi mungkin untuk dipersatukan lebih jauh? Atau masing-masing mempunyai peran tersendiri?
Virtual of Things
Penggunaan bahan lunak dan lebih mudah dipasang pada sistem robot terus menarik perhatian pada tahun-tahun belakangan ini. Penting untuk ditekankan bahwa di masa depan hampir semua robot layanan akan terhubung dan tertanam ke dalam sistem (Embedded System) yang lebih besar, seperti Knowledge-based dan Cloud-based Systems. Di samping itu, saluran input mereka (misalnya kamera, mikrofon, dan sensor) dapat mengakses data dari berbagai sumber lain termasuk internet dan The Collective Organizational Knowledgebase termasuk sistem manajemen Customer Relationship (CRM) yang berisi latar belakang, preferensi dan data transaksi pelanggan. Robot tidak hanya berdampak pada pengguna, tetapi juga menyentuh semua lapisan masyarakat. Prinsip-prinsip etika dan moral manusia juga mempengaruhi pengambilan keputusan dan perilaku robot. Sehingga kita sebagai manusia juga harus memikirkan dampak membuat sebuah robot. Desain service robot seperti apa yang berdampak baik untuk manusia? Bagaimana adopsi teknologi oleh perusahaan dan pengguna berubah, mengingat kemampuan robotika dan AI (Artificial Intelligence) yang ditingkatkan?
Service Robot
Algoritma adalah sebuah Blackbox. Blackbox tersebut bekerja dan dapat dilihat di dunia ini. Kita tahu bahwa algoritma membentuk perubahan-perubahan di sekitar kita. Namun sedikit dari kita tahu apa itu algoritma atau bagaimana manusia dipengaruhi oleh algoritma. Algoritma membuat keputusan-keputusan besar dalam kehidupan sosial manusia mulai dari pengobatan, transportasi, bantuan pemerintah, sampai sistem peradilan pidana. Salah satu contohnya adalah kebiasaan kita dalam menonton Youtube. Dengan otomatis, menu home akan merekomendasikan video yang berhubungan dengan video yang sering kita lihat. Bagaimana sebuah algoritma mengubah kehidupan manusia? Apakah para insinyur pembuat algoritma, benar-benar paham akan apa yang mereka buat? Dapatkah sebuah algoritma menghasilkan dampak buruk diluar ekspektasi? Apakah algoritma menyelesaikan lebih banyak masalah untuk manusia atau lebih banyak menghasilkan masalah?
Algorithm and Life
Menurut Komisi Brundtland, pengembangan lingkungan yang berkelanjutan dapat didefinisikan sebagai “memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri." Mantan staff manajer di NYC Department of Environmental Protection, Lauren Singer, memilih untuk menjalani gaya hidup zero waste dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan. Dalam 8 tahun ia berhasil untuk tidak membuang sampah seminimal mungkin dan mampu mengumpulkan sampah yang ia buang hanya dalam gelas 400ml. Manusia memiliki pengaruh besar dalam menentukan masa depan, artinya walaupun manusia hilang di esok hari, evolusi akan didorong oleh pilihan kita detik ini. Ingin diingat sebagai apakah selama kalian hidup di bumi ini? Perubahan apa yang akan dibuat?
Environmental Sustainability

How it works

Do you want to come with us and change the world?

Day 1
1 Sept 2020 - 9:00 AM
Innovation plan-based idea delivery
Day 2
4 Sept 2020 - 9:00 AM
Talk the innovation like a pro
Contact
Alda (+62 852-3241-9829)

Live on youtube

Register here to support your favorite team